MI: KRI Suharso Gelar Operasi Surya Bhaskara Jaya Selama Sail Banda 2010

|

JAKARTA--MI: TNI AL akan menyemarakan pelaksanaan Sail Banda 2010 yang akan berlangsung 27 Juli sampai 8 Agustus 2010 dengan menugaskan KRI Suharso menggelar misi sosial bernama Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya (SBJ).

"TNI Angkatan Laut berperan aktif dalam kegiatan bakti sosial dalam rangka mewujudkan international civic mission dengan mengedepankan Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya (SBJ). Tujuannya adalah meningkatkan hubungan persahabatan di dunia internasional, perubahan mindset bernegara yang berorientasi ke laut," dalam rilis TNI AL di Jakarta, Rabu (2/6).


Kegiatan ini merupakan kegiatan yang hampir serupa dengan Sail Bunaken 2009 lalu. Kegiatan akan berpusat di Ambon dan Maluku Utara yang meliputi kesehatan pengobatan umum, ISPA, diare, kulit, malaria klinis, pengobatan gigi dan mulut, operasi katarak, operasi bibir sumbing, dan pelayanan KB.

Bakti Sosial lainnya meliputi pemberian bahan kontak, obat-obatan, buku-buku untuk

masyarakat serta tali asih untuk petugas di wilayah terpencil. TNI Angkatan Laut akan mengerahkan beberapa unsurnya diantaranya kapal rumah sakit KRI dr Suharso-990.

Beberapa negara lain yang akan ikut berperan pada kegiatan ini yakni Amerika Serikat dengan mengirimkan kapal rumah sakit terbesar USNS Mercy, Singapura mengirim satu kapal LST jenis LPD dan tim kesehatan, Australia dengan 2 kapal jenis landing craft heavy dan personel medis serta New Zealand dengan mengirim tim medis.

Sasaran operasi bakti SBJ di Pulau Ambon tersebar di daerah-daerah seperti Morela, Mamala, Liang, kamp pramuka, Wai, Paso, Halong, Hutumuri dan Kota Ambon. Sedangkan, di Pulau Buru kegiatan akan berpusat di Namrole. (Din/OL-06)

mediaindonesia.com

Aneh... Banda yang namanya dipakai dalam acara Sail 2010 ini, namanya tidak ada dalam daftar Sasaran operasi bakti SBJ.

0 komentar:

Posting Komentar

 

©2009 Sonegat | Template Blue by TNB